Makalah Uprak PI


KINCERIA

Makalah ini disusun untuk memenuhi Ujian Praktik 
mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok PI



   Anggota Kelompok :

1. Anastasia Deviana Halim XII I PS 2/03
2. Aurelia Chiquita A.Q  XII IPS2 /05
3. Octavia Graciella K.  XII IPS 2/32
4. Sandra Ohst    XII IPS 2/36




SMA SANTA MARIA SURABAYA
JL. RAYA DARMO 49 SURABAYA
TAHUN 2018



KATA PENGANTAR


        Puji Tuhan kami haturkan kehadapan Allah atas selesainya makalah Ujian Praktik gabungan tiga mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok KWU. Makalah ini kami susun kerja bersama anggota TIM dengan tugas yang berbeda-beda. Penyelesain makalah memerlukan bimbingan dari berbagai pihak terutama kepada guru pembina. 

Karena itu kami menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada:
1.  Bapak Ruslan, M.Kom, sebagai guru TIK yang telah membimbing penulisan program serta  Flowcart program yang dilampirakan.
2.  Ibu Christine Soemawartini S.Pd. selaku guru Bahasa Indonesia telah membimbing penulisan  makalah Ujian Praktik  ini
3. Bapak drs. I Ketut Samudra,ST.,M.Pd. selaku guru Mulok KWU telah membimbing pembuatan 
    proyek maket Kinceria.

 Tidak lupa kelompok kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada kelompok lain yang juga memberikan inspirasi untuk penyelesaian ujian praktek ini. Makalah ini masih jauh dari sempurna sehingga perlu masukan yang membangun dari pembaca dan pembina. Sehingga nanti menjadi makalah yang berkualitas dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan.


























DAFTAR ISI


HalamanSampul .........................................................................................................    i
Kata Pengantar…………………………………………………………………………………….       ii
Daftar Isi             .....................................................................................................................   iii
BAB I: PENDAHULUAN
A. Latar Belakang  .................................................................................................................    1
B. Rumusan Masalah ..............................................................................................................   1
C. Tujuan Manfaat
D. Batasan istilah
BAB II KAJIAN PUSTAKA
 A Kinceria
 B B. Mikrokontroller
C. Lampu LED
D. Bahasa Pemrograman























BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sekarang ini semakin banyak jenis permainan ekstrim yang bermacam-macam. Keberanekaragaman tersebut menyebabkan banyak permainan yang menarik dan harus dicoba. Namun tidak sedikit orang yang tidak berani mencobanya karena ketakutannya terhadap ketinggian. 
Seluruh masyarakat memiliki hak untuk mengatasi ketakutannya dengan berbagai macam cara. Mulai dari terapi, hingga dengan permainan yang menghadapkan mereka secara langsung dengan ketakutan mereka, agar masyarakat dapat menjadi lebih berani dan lebih berkeinginan untuk mencoba dan menikmati permainan-permainan yang tersedia.
Berdasarkan kenyataan dan harapan di atas penulis mencoba merancang projek KinCeria. Kincir ria ini dikendalikan oleh chip mikrokontroller sehingga dapat menghemat listrik dan mudah untuk digerakkan. Kincir Ria ini dihiasi dengan lampu-lampu serta lagu yang berguna untuk menenangkan dan mengurangi ketakutan orang yang menaikinya, sehingga orang dapat merasakan kenyamanan dan keceriaan disaat mereka berada di ketinggian.

B. Rumusan Masalah
 Rumusan masalah secara umum adalah:
1. Bagaimana cara merancang kincir ria berupa maket?
2. Bagaimana cara merancang program arduino?
3. Bagaimana cara agar masyarat merasakan keceriaan disaat menaiki kincir ria?

C. Tujuan dan Manfaat
1. Tujuan : Agar masyarakat dapat merasakan keceriaan pada saat di ketinggian.
2. Manfaat : Maket kincir ria dapat dimanfaatkan sebagai contoh untuk meningkatkan keceriaan di dalam berbagai aspek. 

D. Batasan Istilah 
Kincir ria artinya sebuah roda ferris (kadang-kadang disebut roda besar, roda observasi, atau, dalam kasus contoh yang paling tinggi, roda raksasa) adalah struktur bangunan yang terdiri dari roda tegak berputar dengan beberapa komponen pembawa penumpang (biasanya disebut sebagai mobil penumpang , kabin, bak, kapsul, gondola, atau polong) yang dilekatkan pada pelek sedemikian rupa sehingga saat roda bergantian, mereka tetap tegak lurus, biasanya dengan gravitasi.


BAB II 
KAJIAN PUSTAKA

D. Kerangka Konsep Berpikir

  
     


  

































BAB III
PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK

A.KincirRia
          KincirRia berupa maket yaitu terdapat KincirRia di tengah. Lalu di sekitar wahana terdapat pagar. Selain itu terdapat pohon-pohon hijau untuk menghiasi sekeliling sekitar KincirRia. 

B. Alat dan Bahan
1. Mekanik Proyek
    a.Triplek
    b.Lem, isolasi 
    c.Gunting, cutter
    d. Gergaji kecil
    e. Amplas
2. Elektronika
   a. Mikrokontroller Arduino
   b. Led dan Resistor
   c. Dinamo dan Spiker
   d. Kabel, timah solder
C. Bog Diagram Proyek
  

D. Cara Kerja Proyek umum
Pada saat penumpang ingin naik, akan dinyalakan oleh operator. Dan seketika lampu dan musik akan menyala. Dengan bantuan dinamo, KincirRia akan berputar selama kurang lebih 1 menit dan akan berhenti berputar ketika operator mematikan dengan menekan tombol off. Maka, lampu dan musik akan mati. 














BAB IV
ANALISIS DATA PROYEK

A. Spesifikasi Maket
Spesifikasi Bahan
Alas Triplek 50x40 cm tebal 4 cm
Lem merk G
Pohon-pohonan sebagai hiasan dan
           Stik es krim sebagai pagar

Speksifikasi Alat Listrik
Mikrocontroller Type Atmega 328
Lampu LED, ¼ watt, 2 volt
Resistor Gip ½ watt nilai 220 Ohm
          Kabel berwarna merah, hitam, kuning, dan hijau)
Tombol on off
Dinamo

B. Kinerja proyek
Kelebihan Proyek
Kelebihan dari proyek ini adalah dapat meningkatkan keceriaan dari para penumpang KinCeria dan diharapkan para penumpang dapat merasa tenang disaat berada di ketinggian. Proyek yang kami buat juga dapat digunakan sebagai sarana terapi. Alat ini akan mulai berputar ketika dinamo dinyalakan. Untuk mematikannya, dapat dilakukan secara manual dengan mematikan dinamo. Dengan mematikannya, lampu-lampu dan musik yang sudah nyala akan ikut mati.

C. Flowcart Program 





D. Lampiran Program TurboC++ Versi Arduino

Kekurangan Proyek
Kekurangan dari proyek ini adalah bahan yang digunakan tidak tahan lama dan tidak anti air.
 



BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

  1. A.Kesimpulan
Berdasarkan uraian BAB I dan BAB IV dapat diberikan kesimpulan Kinceria dapat membuat masyarakat lebih berani, dan lebih bisa menikmati permainan-permainan yang tersedia. Sistem yang digunakan cukup sederhana dengan menggunakan microcontroller dapat memudahkan dan menghemat tenaga yang dikeluarkan untuk mengoperasikan wahana tersebut. Dengan adanya lampu dan suara yang terpasang dapat membuat masyarakat lebih tenang dan merasa nyaman saat menaikki wahana tersebut. 


B. Kesan Saran
 Kesan

        Melalui kerja sama dengan sesama anggota kelompok dapat membangun rasa pertemanan dan persaudaraan yang lebih akrab sehingga antar satu dengan yang lain dapat saling mengenal dan menumbuhkan toleransi, serta pertumbuhan karakter  ke arah yang lebih positif terhadap sesama.

Saran

  Ke depan sistem pujian praktik yang berkolaborasi ini dapat ditingkatkan tidak hanya 3 mata pelajaran tetapi bisa berkolaborasi dengan mata pelajaran lain seperti Bahasa Asing dan bahkan seni budaya. Sehingga efisiensi waktu dan tenaga siswa dan guru lebih efektif. Penggunaan properti lebih dikembangkan sehingga proyek sejenis lebih berdaya guna tepat sararan.















DAFTAR PUSTAKA






http://elektronika-dasar.web.id/pengertian-dan-kelebihan-mikrokontroler/

Komentar

Posting Komentar